SMA Negeri 1 Limboto Mulai Terima Siswa RSMABI Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 11 Agustus 2009 11:41

Mulai tahun ajaran 2009/2010 ini SMA Negeri 1 Limboto mulai terima siswa Rintisan SMA bertaraf internasional. Siswa yang akan diterima di kelas X tersebut adalah mereka yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus seleksi sebanyak 320 orang atau sekitar 9 hingga10 kelas. Pendaftaran dibuka dari Juni hingga awal Juli 2009.

Kepala SMA Negeri 1 Limboto Dra. Rapia Bahoea, M.Pd kepada Gema PGRI menuturkan, penetapan sekolahnya hingga memenuhi syarat menjadi Rintisan SMA bertaraf internasional didasarkan pada hasil verifikasi yang dilakukan staf Direktorat Pembinaan SMA Departemen Pendidikan Nasional RI pada 21-23 April 2009 lalu.

Dengan meraih predikat sebagai sekolah RSBI, maka secara keseluruhan SMA Negeri 1 Limboto dinilai telah mampu memenuhi 8 standar pendidikan nasional meliputi (1) standar isi, (2) standar kompetensi lulusan, (3) standar proses, (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5) standar sarana dan prasarana, (6) standar pengelolaan, (7) standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan. Selain itu, penetapan sekolah pertama dan tertua di Kab. Gorontalo ini hingga menjadi Rintisan SMA bertaraf Internasional merupakan buah dari kemauan, semangat serta komitmen pemerintah Provinsi dan Kab. Gorontalo yang bersedia menyediakan dana sharing seperti yang dipersyaratkan oleh pemerintah pusat.

Program RSBI sendiri, ungkap Rapia Bahoea, merupakan program nasional dalam rangka meningkatkan kinerja sekolah guna mengembangkan kompetensi siswa serta meningkatkan mutu lulusan dengan standar yang lebih tinggi dari standar kompetensi nasional. Yang jelas, urai Rapia Bahoea RSBI dicanangkan dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

Sebagai tindak lanjut dari penetapan Rintisan SMA bertaraf internasional ini, maka Kepala Sekolah pada akhir bulan Mei 2009 lalu telah mengikuti workshop RSBI di Bogor selama 3 hari. Sementara, selang Juni 2009 ini pihak sekolah juga akan secara intensif mensosialisasikan program RSBI ke masyarakat khususnya kepada calon orang tua siswa. Dalam program RSBI, dukungan dan peran serta orang tua yang tergabung dalam Komite Sekolah sangat penting guna menunjang kelangsungan dan keberhasilan program ini.

Terakhir Diperbaharui pada Minggu, 17 Januari 2010 07:14